Angeliq Tablet

Angeliq Tablet

Indikasi

Angeliq Tablet memiliki kegunaan untuk individu yang :

  1. Sedang dalam gejala vasomotor (pengaturan pelebaran atau penyempitan pembuluh darah) parah terkait dengan menopause (berhentinya siklus menstruasi)

  2. Profilaksis osteoporosis (pencegahan kerapuhan tulang) pada wanita pasca menopause (setelah berhentinya siklus menstruasi)

  3. Kanker Prostat

  4. Hipogonadisme (penurunan aktivitas kelenjar gonad, sel telur, dan testis (kelenjar kelamin jantan))

  5. Sedang terapi lini kedua untuk pencegahan osteoporosis (kerapuhan tulang) pada wanita pasca menopause (setelah berakhirnya siklus menstruasi)

Komposisi

Angeliq Tablet mengandung :

  1. Estradiol 1 mg

  2. Drospirenone 2 mg

Kontraindikasi

Hindari penggunaan Angeliq Tablet pada individu yang hipersensitivitas terhadap komponen obat ini, individu yang terdiagnosis pendarahan vagina, thrombophloebitis (pembengkakakan pembuluh darah vena), karsinoma (tumor) payudara terutama pada individu terdiagnosa penyakit metastasis (penyebaran kanker pada suatu organ tubuh ke organ tubuh lain), porfiria (gangguan pada saraf dan kulit), serta kehamilan.

 Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Angeliq Tablet merupakan obat yang memiliki efek samping sebagai berikut 

  1. Mual atau muntah

  2. Kembung

  3. Nyeri payudara

  4. Sakit kepala

  5. Perubahan berat badan

  6. Gangguan emosional

  7. Demam

  8. Diare

  9. Dispepsia (nyeri pada perut bagian atas)

  10. Depresi

  11. Sinusitis (peradangan pada dinding sinus)

  12. Munculnya jerawat

  13. Pruritus (rasa gatal pada seluruh badan)

Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, konsultasikan dengan dokter segera.

Dosis & Cara Mengonsumsi

Angeliq Tablet termasuk ke dalam golongan obat bebas sehingga dalam pembeliannya tidak memerlukan resep dari dokter. Namun, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengingat dosis untuk setiap individu yang berbeda-beda.  Dosis akan disesuaikan dokter dengan kebutuhan pasien, serta respon pasien terhadap obat tersebut. Angeliq Tablet dapat diminum dengan atau tanpa makanan.Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi atau menggunakan Angeliq Tablet pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi atau menggunakan Angeliq Tablet, disarankan segera mengonsumsi atau menggunakannya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan menggandakan dosis Angeliq Tablet pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Interaksi Obat

Hindari penggunaan obat Angeliq Tablet dengan :

  1. Asam Folat karenadapat mengurangi penyerapan asam folat

  2. Etanol meningkatkan risiko osteoporosis (kerapuhan tulang), penggunaan rutin etanol juga dapat meningkatkan tingkat estrogen dan memungkinkan timbul resiko kanker payudara.

  3. Acitretin, Carbamazepine, Felbamate, Oxcarbazepine, Fenobarbital, Fenitoin, Topiramate, Barbiturat, Griseofulvin, Modafinil dapat mengurangi efek kerja dari komponen obat ini

  4. Aprepitant, Topiramate, Rifampin atau Protease Inhibitor dapat meningkatkan konsentrasi serum

Keamanan Kehamilan

Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Angeliq Tablet kedalam Kategori X :

Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya abnormalitas janin dan besarnya resiko obat ini pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaatnya. Dikontraindikasikan bagi wanita hamil atau wanita usia subur.

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Angeliq Tablet. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Isi : 1 Strip @ 28 Tablet
Pharmaceutical : PT. Bayer Schering Farma
Golongan Obat : Obat Keras