Cefabiotic 500 mg Kapsul

Cefabiotic 500 mg Kapsul

Indikasi

Cefabiotic Kapsul digunakan untuk :

  1. Mengobati infeksi otitis media (infeksi telinga tengah), faringitis (infeksi faring) yang disebabkan oleh Streptokokus, infeksi tulang dan sendi, pneumonia, selulitis, dan Infeksi Saluran Kemih (ISK).
  2. Mencegah Bacterial endocarditis dan pencegahan infeksi saluran kemih berulang.
  3. Pasien yang resisten (kebal) terhadap antibiotik golongan Penisilin.

Komposisi

Tiap Kapsul Cefabiotic mengandung :

  1. Cefaleksin monohidrat 500 mg.

Kontra Indikasi

Cefabiotic Kapsul tidak dapat digunakan untuk pasien dengan riwayat mengalami reaksi hipersensitivitas (reaksi alergi berlebih) pada Cefalexin atau antibiotik golongan Cefalosporin lainnya.

Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Adapun efek samping yang ditimbulkan dari pengonsumsian Cefabiotic Kapsul  adalah :

  1. Mual, muntah, dan diare.
  2. Ruam kulit, urtikaria (gatal seluruh tubuh), demam, gatal, bengkak, kesulitan bernapas, kulit merah, melepuh, bengkak dan mengelupas.
  3. Alergi.

Bila efek samping menetap, bahkan memburuk. Segera hentikan pengonsumsian obat Cefabiotic Kapsul  dan konsultasikan ke Dokter.

Dosis & Cara Mengonsumsi

Cefabiotic Kapsul merupakan Obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan Cefabiotic Kapsul  juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis pengguunaan berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Aturan pengonsumsian dosis umum Cefabiotic Kapsul sebagai berikut :

  1. Dewasa dan Manula  : 3 kali sehari 500 mg.

Cefabiotic Kapsul dapat diminum sebelum maupun sesudah makan, namun lebih baik dikonsumsi sebelum makan agar tidak menunda laju tanpa mempengaruhi tingkat penyerapannya. Cefabiotic Kapsul harus dikonsumsi sampai habis sesuai jangka waktu yang diberikan oleh Dokter. Jangan menghentikan pengonsumsian sebelum waktu yang ditentukan oleh Dokter meskipun kondisi sudah sembuh. Untuk hasil yang lebih maksimal, Cefabiotic Kapsul diminum setiap hari dan diusahakan dalam waktu yang sama setiap harinya. Jika tidak sengaja lupa meminum Cefabiotic Kapsul, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya.

Interaksi Obat

Cefabiotic Kapsul dapat berinteraksi dengan obat-obatan di bawah ini :

  1. Probenesid menghambat sekresi Cefabiotic Kapsul  sehingga meningkatkan konsentrasi obat ini dalam tubuh dan meningkatkan potensi terjadinya efek samping
  2. Metformin dapat meningkatkan konsentrasi metformin dalam plasma sehingga meningkatkan efek farmakologinya
  3. Obat diabetes sebaiknya dihindari.

Keamanan Kehamilan

Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Cefabiotic Kapsul ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

“Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).”

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Cefabiotic Kapsul selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Isi : 1 Strip @10 Kapsul
Pharmaceutical : PT Bernofarm
Golongan obat : Obat Keras